Samstag, 17. Dezember 2011

The world is flat

P1040048
The world is flat adalah business book karya Thomas L. Friedman. membuat pembaca melihat semua kejadian di era globalisasi dengan pandangan berbeda. 

misalnya, perusahaan di Amerika pasti ada Call Center nya aka Customer Service. yang kita tahu, customer service pasti letaknya juga di Amerika jika perusahaan tersebut di Amerika. Ternyata salah! yang mengangkat telefon adalah orang di India. Why? hal ini menguntungkan dari pihak perusahaan sendiri. Biaya 1 orang di Amerika sama dengan beberapa orang di India. untuk bisa bekerja di Call Center di India ini. Orang india di training sebelumnya supaya dialek atau cara bicaranya disesuaikan dengan logat Amerika. Nama yang mereka pakai juga nama Amerika. Call Center ini didominasi oleh saham perusahaan Amerika.

Dari buku ini saya juga mengetahui, ada sesuatu peristiwa yang tidak bisa dilupakan oleh cina karena kelakuan jepang terhadap mereka. (pada saat perang dunia ke 2 Jepang menguasai sebagian besar daerah di Cina. membunuh kira-kira 20juta orang cina. di Nanjing 300ribu orang dibantai seperti binatang dan wanita banyak yang diperkosa, gedung-gedung di Cina di bom. Jepang secara resmi tidak mau minta maaf dan mengakui perbuatan mereka di WW2 itu).

Cina mau bekerja sama dengan Jepang dalam bidang ekonomi. Cina berpikir seperti ini, pertama belajar dari perusahaan tempat kami bekerja, dari situ kami akan membuat perusahaan kami sendiri nantinya.

ada yang unik yang saya baru ngeh soal tanggal rubuhnya tembok berlin dan runtuhnya gedung WTC. tembok berlin runtuh pada tanggal 9 bulan 11 sedangkan WTC rubuh tanggal 11 bulan 9. yah sampai disini kasih tau soal isi bukunya.

i moved in to my new apartment and i'll show you our lovely pet!


1 Kommentar:

Nurul asri utari hat gesagt…

mbak... ada makna di balik tanggal 11 bulan 9 dan 9 bulan 11 itu ?
penasaran :)