Mittwoch, 5. September 2012

how to get from where you are to where you want to be






ini foto-foto lama yang saya ambil bersama temen flat saya mba nessa. di dekat rumah kami ada lapangan untuk bermain roller blade, kebetulan saat kami lewat ada pertandingan. 

post kali ini saya mau sharing buku bacaan yang saya baca, buku ini recommended, judulnya ''The Success of Principles'' karya Jack canfield. dia juga penulis buku chicken soup for the soul, siapa si yang ngga tau buku chicken soup, ya ga.

Buku ini membahas soal bagaimana kamu bisa mencapai cita-cita mu dari keadaan mu yang sekarang.
dari bab pertama saja saya sudah makjleb banget. 

1. ''Bertanggung jawab atas hidup mu 100 persen'' . Coba tanya kediri kita masing-masing apa kita bertanggung jawab, mengakui apa yang kita buat dan yang terjadi dengan diri kita dan mengerti kalau segala yang kita alami itu karena diri kita sendiri?? jawab iya atau tidak. 

kalau kamu kamu mau jadi orang yang sukses, dan bertanggung jawab atas hidup mu 100 persen. kamu harus berhenti mengeluh dan menyalahkan orang lain atau keadaan dan bertanggung jawab atas hasil dari kesuksesan dan kegagalan mu. karena kalau kamu sadar kamu adalah orang yang membuat kondisi mu sekarang ini maka kamu juga bisa mengubah kondisi mu sekarang semau mu.

2. ''Jangan lagi ada alasan. 99 persen kegagalan datang dari orang yang punya kebiasaan membuat alasan''. kalau kamu mau bertanggung jawab atas hidup mu 100 persen, artinya tidak ada lagi alasan-alasan dan kisah-kisah mu kenapa kamu ngga bisa mencapainya hingga sekarang dan juga menyalahkan keadaan disekitar mu. semua kebiasaan ini harus ditinggalkan, kalau kamu ingin mencapai kesuksesan yang kamu ingin kan.

3.  ''peristiwa + respon = hasil ''. kalau kamu tidak suka dengan hasil yang kamu mau. kamu punya dua pilihan, yaitu: 1. kamu bisa menyalahkan peristiwa yang menyebabkan hasil yang tidak kamu inginkan, contohnya: kamu bisa menyalahkan ekonomi, cuaca, istri,suami, bos, kamu kurang uang, kurang pendidikan. nah kalau semua ini dijadikan patokan penentu hasil, ngga akan ada orang yang bisa sukses. atau 2. kamu ubah respon mu terhadap peristiwa yang terjadi sampai hasilnya yang keluar sesuai keinginan mu. misalnya: kamu bisa mengubah cara pikir mu, cara berkomunikasi dan sikap kita. sayangnya kebanyakan dari kita kebiasaan kalau kita tidak akan pernah bisa mengubah perilaku kita. kita terjebak di kondisi ini. kamu harus mengontrol pikiran mu, perilaku mu. 

contoh:

peristiwa: kamu dikasih bonus 4000.000
respon: kamu habiskan untuk hura-hura
hasil: kamu ga ada duit lagi

peristiwa: kamu dikasih bonus 4000.000
respon: kamu investasi di reksa dana
hasil: kamu mendapatkan untung dari situ

kamu hanya perlu mengontrol 3 hal, yaitu: apa yang kamu pikirkan, gambaran yang kamu bayangkan dan tindakan yang kamu ambil.ubah pikiran negativ mu ke pikiran yang positiv

4. ''kalau kamu tetap menjalankan yang biasa kamu lakukan, maka kamu akan mendapatkan apa yang biasa kamu dapatkan''. kalau kamu ingin sesuatu yang beda, maka lakukan lah hal yang berbeda.

5. ''Kamu mengeluh ke orang yang salah''. kamu sadar ngga, kalau orang-orang itu selalu mengeluh atau mengadu ke orang yang salah, ke orang yang ngga bisa melakukan apa-apa soal keluhan mu itu? misalnya: mereka pergi kerja dan mengeluh soal pasangannya (istri atau suami), lalu mereka pulang kerumah dan mengeluh ke pasangannya soal kantor atau pekerjaanya. Kenapa bisa begini? karena tindakan semacam ini lebih mudah, lebih tidak beresiko. Perlu keberanian untuk bilang ke Bos supaya kamu tidak bekerja di akhir minggu. Hanya bos mu yang bisa berbuat sesuatu soal keluhan mu bukan pasangan mu.

belajar lah untuk mengganti keluhan dengan membuat permintaan dan ambil tindakan supaya kamu mendapatkan hasil yang kamu inginkan. ini lah yang orang sukses lakukan.

jadi, segini baru ringkasan Bab pertama (belum semua). Banyak lagi tips-tips dan cerita-cerita dari orang-orang sukses. Eits, inget ya sukses itu relativ, tergantung persepsi orang tersebut , ada yang beranggapan kalau duit udah 3Milyar berarti sudah sukses, ada yang menganggap kalau udah bekerja di perusahaan yang diinginkan itu berarti sukses. ada yang menganggap kalau  udah dapet medali emas olimpiade berarti sukses mencapai yang dia inginkan.

Kommentare:

Rini Hastuti hat gesagt…

so inspiring!
ditunggu sharing sharing berikutnya :)

Puput hat gesagt…

iya benar-benar memotivasi. thanks kak putri :)

Lidya - Mama Cal-Vin hat gesagt…

thanks sudah berbagi ilmu ya

dv hat gesagt…

putriiiii..huwaaa lamaa banget ga mampir kesni, lagi liat link friends dan ingat si putri shoes ini,hihhi..
masih de jerman yaa..kpn plg ke indo?

rental mobil disurabaya hat gesagt…

kayaknya bagus tuh bukunya.. heheh..

iklan baris tanpa daftar hat gesagt…

thanks atas infonya gan..

.my. hat gesagt…

puyuuuy..
like thiiss..

Pesta ulang tahun hat gesagt…

nice post :D salam kenal yaaaa